Wamenperin Resmikan Rumah Produksi Pupuk Organik Cair di Gorontalo

JAKARTA] Indonesia merupakan salah satu negara yang dianugerahi sumber daya alam cukup berlimpah, terutama berasal dari sektor pertanian. Oleh karena itu, dalam rangka menopang ketahanan pangan nasional dan peningkatan produktivitas hasil pertanian dalam negeri, Kementerian Perindustrian terus memberikan dukungan dengan melakukan pembinaan dan pengembangan industri pupuk yang diproduksi dan dikelola secara kelompok usaha bersama untuk dimanfaatkan oleh sektor pertanian.

Demikian disampaikan Wakil Menteri Perindustrian Alex SW Retraubun dalam sambutannya pada acara Peresmian Rumah Produksi Pupuk Organik Cair (POC) di Bone Bolango, Gorontalo, Rabu (25/6) sebagaimana dalam siaran persnya yang diterima SP, Rabu sore.

Pada acara peresmian tersebut, Alex didampingi Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Euis Saedah, dan dihadiri Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, dan Kepala Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri (BBTPPI) Semarang, Sudarto.

Pengembangan POC yang dilakukan tersebut merupakan kerjasama antara Direktorat Jenderal IKM, Kemenperin, dengan tim inovasi bioteknologi dan Balai Besar Pencegahan Pencemaran Lingkungan, Kementerian Perindustrian. Kolaborasi ini memberikan nilai positif dalam pengembangan industri, khususnya yang berbasis hasil penelitian dan pengembangan (litbang).

“Kami memberikan apresiasi atas hasil penelitian dan pengembangan hasil inovasi berbasis bioteknologi ini khususnya dalam pengembangan pupuk organik cair sebagai suplemen budidaya pertanian atau tanaman pangan dan nutrisi organik cair untuk peternakan dan perikanan. Selain itu juga diharapkan dapat mendukung peningkatan produktivitas hasil pertanian dan mendorong pemanfaatan bahan baku lokal untuk meningkatkan nilai tambah,” tegas Alex.

Dapat disampaikan, POC yang dikembangkan di pedesaan atau sentra pertanian tesebut merupakan hasil inovasi yang dilakukan oleh Cahya Yudi Widianto, peneliti yang berhasil menemukan dua jenis mikroba baru dengan ditambahkan tujuh konsorsium mikroba dan dapat digunakan.

Alex mengatakan, Rumah Produksi POC yang dikelola oleh KUB Surya Sejati di Kelurahan Talolobutu Kecamatan Tapa Bone Bolango ini terus beroperasi secara berkesinambungan sehingga dapat meningkatkan nilai tambah di sektor pertanian dan menimbulkan multiplier effect bagi perekonomian Gorontalo, baik berupa penyerapan tenaga kerja, peningkatan keterampilan dan menumbuhkembangkan industri pendukung terkait lainnya.

Di samping itu, Kemenperin bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMG) juga melakukan penelitian dalam hal mengukur efektivitas pemanfaatan POC pada area sawah di Gorontalo. Kerja sama antara pemerintah dan perguruan tinggi dalam penelitian efektivitas produk dari industri tersebut menunjukkan sinergi dalam peningkatan peranan.

Selain melakukan pengembangan Rumah Produksi POC, Kementerian Perindustrian juga telah mengembangkan inkubator wirausaha IKM POC di beberapa tempat, salah satunya di Provinsi Gorontalo.

Dalam rangka pengembangan inkubator wirausaha IKM POC, beberapa hal yang telah dilakukan Kementerian Perindustrian dengan kerjasama Dinas Perindag setempat antara lain, pertama, pembentukan inkubator wirausaha IKM Berbasis Bioteknologi. Kedua, pelatihan inkubator wirausaha IKM berbasis bioteknologi.

Ketiga, fasilitasi sarana produksi inkubator wirausaha IKM berbasis bioteknologi. Keempat, sosialisasi penggunaan dan pengembangan POC, dan kelima, kerjasama penelitian efektivitas POC.

Pada kesempatan tersebut, Alex juga memberikan apresiasi kepada Gubernur Gorontalo beserta seluruh SKPD, terutama Dinas Perindag dan Dinas Pertanian setempat, yang telah mendukung dan bekerjasama mewujudkan inkubator wirausaha IKM berbasis Bioteknologi yang akan meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

Alex menegaskan, sumber daya alam Indonesia menjadi potensi yang cukup besar jika dapat dimanfaatkan dengan optimal, salah satunya sebagai sumber bahan baku bagi sektor industri.

Pemanfaatan sumber daya alam untuk kepentingan industri tentu akan berdampak pada penguatan struktur industri di dalam negeri, peningkatan nilai tambah, pertumbuhan sub sektor ekonomi lainnya, pemenuhan kebutuhan pasar dalam negeri dan peningkatan ekspor.

Pada hari yang sama, Alex juga meresmikan beroperasinya Rumah Kemasan sebagai salah satu implementasi dukungan Kementerian Perindustrian dalam penguatan IKM Pangan khususnya dalam hal kemasan yaitu dengan mendirikan Rumah Kemasan di Gorontalo yang dikelola oleh Universitas Gorontalo sejak tahun 2012 hingga 2013 dengan memberikan bantuan fasilitas mesin dan peralatan. Keberadaan Rumah Kemasan ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pelaku IKM pangan di Gorontalo. [E-8/N-6]

http://www.suarapembaruan.com/ekonomidanbisnis/wamenperin-resmikan-rumah-produksi-pupuk-organik-cair-di-gorontalo/58257

Komentar

Postingan Populer